Anggota DPRD Dapil IV Kerinci, Diduga Tidak Laksanakan *RESES*

Kerinci- jendelapublik.com. Anggota DPRD Kabupaten Kerinci Wilayah Dapil IV Diduga Tidak Laksanakan Reses. 12/09/2020

Struktur Wilayah Dapil IV terdiri dari beberapa Kecamatan yang tergabung didalamnya antara lain, Kecamatan Sitinjau Laut, Danau Kerinci, Tanah Cogok, dan Batang Merangin.

Dalam wilayah tersebut juga diduduki pula Enam Jabatan Kursi Anggota Legislatif DRPD, Asril Syam (Fraksi Partai PAN), Asrizal (Fraksi Partai GOLKAR), Darmayansah (Fraksi Partai DEMOKRAT), Safwan (Fraksi Partai PKB), M.Yunus (Fraksi Partai GERINDRA), dan Panca (Fraksi Partai PKS).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pasal 161 huruf i, j, k disebutkan anggota DPRD mempunyai beberapa kewajiban. Misalnya menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala, menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat, dan memberikan pertanggung jawaban secara moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihannya.

Secara umum Tujuan Reses Anggota DPRD adalah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di Dapil masing-masing sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan.

Hasil dari Reses tersebut dalam bentuk laporan Kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan pembangunan yang berkeadilan, berdaya saing, dan inovatif. Masa reses merupakan masa di mana para anggota dewan bekerja di luar Gedung DPRD, menjumpai konstituen di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.

Kegiatan reses anggota DPRD merupakan sebuah forum pertemuan di dapil masing-masing antara masyarakat dengan anggota DPRD. Mereka saling berinteraksi melalui dialog dalam rangka menyampaikan aspirasinya. Anggota DPRD wajib menyerap, menampung, dan menindaklanjuti sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Namun dalam hal ini amanat dari undang-undang tersebut diduga tidak diindahkan oleh Anggota terhormat Dapil IV ini secara maksimal. dari pantauan beberapa media dan masyarakat, Anggota DPRD Wilayah Dapil IV diduga tidak melaksanakan Reses sama sekali.

Baca Juga:  ( DAS ) CALON KADES ANGKASA PURA HIANG, SIAP MEMIMPIN DAN DIPIMPIN

Sekwan DPRD Kerinci (Adli) saat dihubungi menyampaikan, Reses Anggota DPRD dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam satu tahun. Dan untuk yang Dua kali Reses secara Juknis sudah kita fasilitasi dengan SPPD, Reses yang Ketiga mungkin akhir Tahun. Jelasnya

Lanjutnya lagi, Reses juga harus dihadiri 200 orang peserta masing- masing Anggota DPRD dalam wilayahnya pemilihannya. Untuk waktu pelaksanaan boleh dilakukan 1 ataw dua hari dalam Reses tersebut.

Angggota DPRD yang arif dan bijaksana akan mengambil perwakilan perdesa sebagai peserta agar kegiatan tersebut akan berjalan secara optimal dalam kurun waktu jangka panjang.

Anggota Dewan yang melaksanakan Reses juga harus mempersiapkan Konsumsi bagi peserta dan daftar hadir maupun tanda bukti dari akomodasi yang diberikan sebagai bentuk pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan. Pada intinya tidak ada yang dirugikan dalam hal tersebut. Tutupnya

(Don).

Bagikan :