Banjir Orderan, Produk Karya Napi Rutan Sungai Penuh Makin Disukai Masyarakat

SUNGAI PENUH – jendelapublik.com. Program pembinaan dan pelatihan narapidana melalui Bimbingan Kerja (Bimker) Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sungaipenuh terus berkembang. Berbagai macam produk seni karya narapidana pun telah dihasilkan.

Bahkan saat ini hasil karya napi Rutan Sungaipenuh ini makin disukai oleh masyarakat. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya orderan yang masuk ke Bimker Rutan Kelas IIB Sungai Penuh.

Setidaknya saat ini terdapat orderan dari masyarakat berupa pembuatan dan rombak kursi sofa minimalis sebanyak 6 set. Selain pembuatan kursi sofa, seni karya besi berupa rak-rak bunga, pot bunga, terali besi dan seni karya kayu juga makin ramai diorder masyarakat.

Tak hanya itu, saat ini napi Rutan Sungai Penuh yang bergabung di Bimker Rutan Sungai Penuh juga tengah mengerjakan orderan ratusan bahkan ribuan batako.

Kepala Rutan Kelas IIB Sungaipenuh, Eli Susanto, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci yang telah mengapresiasi karya-karya narapidana Rutan Kelas IIB Sungaipenuh.

Ia mengaku akan terus meningkatkan program pembinaan dan pelatihan terhadap narapidana melalui Bimbingan Kerja (Bimker) Rutan Kelas IIB Sungaipenuh. Sehingga setelah bebas dan kembali ke masyarakat nantinya, narapidana bisa diterima dan bersaing di tengah masyarakat.

“Kita terus melakukan pembinaan dan pelatihan. Setiap narapidana yang punya skil dan keahlian akan kita latih dan kita asah kemampuannya melalui program pembinaan di Bimker Rutan Kelas IIB Sungai Penuh,” ujarnya.

“Sekarang bimker Rutan Sungai Penuh juga sedang membuat kursi sofa minimalis sebanyak 6 set, orderan dari Kodim Kerinci. Kita mengucapkan terimak kasih kepada Kodim Kerinci atas apresiasinya terhadap karya napi Rutan Sungaipenuh,” jelasnya.

Hal sama dikatakan oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Sungaipenuh, Okky Aprianto. Dia membenarkan jika saat ini Bimker Rutan Sungai Penuh kebanjiran order dari masyarakat Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci.

Baca Juga:  Diduga Muluskan Kelulusan Aparatur Desa, Camat Terima Enam Bulan Gaji

“Alhamdulillah Bimker Rutan Kelas IIB Sungaipenuh makin dipercaya masyarakat. Saat ini ada banyak produk yang dihasilkan oleh napi Rutan Sungaipenuh terus diorder oleh masyarakat. Diantaranya pembuatan kursi sofa minimalis sekitar 6 set, seni karya besi berupa rak-rak bunga, pot bunga, terali besi dan sebagainya,” ujar Kasubsi Peltah.

“Kita akan terus melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap narapidana untuk mengasah kemampuan sesuai dengan skil dan bakat-bakat masing-masing,” timpal Pembina Pengelola Bimbingan Kerja Rutan Kelas IIB Sungaipenuh, Antori Setiawan.

“Bagi masyarakat yang berminat dan ingin mengorder produk-produk napi Rutan Sungaipenuh, bisa menghubungi kami langsung ke rutan atau melalui Fb dan Instagram Rutan Kelas IIB Sungai Penuh,” pungkasnya.

Untuk diketahui, baru-baru ini, Rutan Kelas IIB Sungaipenuh juga telah membuat terobosan baru dengan membentuk Forum Komunikasi Pemasyarakatan (Forkopas). Forkopas ini dibentuk guna meningkatkan pelayanan dan kepercayaan masyarakat terhadap Rutan Kelas IIB Sungaipenuh. Melalui Forkopas, masyarakat bisa berdiskusi, memberikan saran serta dapat mengetahui dan memahami tentang pemasyarakatan, terutama di Rutan Kelas IIB Sungaipenuh.

(Red).

Bagikan :