BUMDes Koto Sekilan Ambai Pacu Peningkatan Kualitas Pertanian Dan Perkebunan Masyarakat

Kerinci- jendelapublik.com. Pemerintah Desa Koto Sekilan Ambai, Kecamatan Sitinjau Laut, Kabupaten Kerinci. Manfaatkan sumber anggaran dana desa (ADD) untuk bidang BUMDes. 09/10/2021

BUMDes ini dinamai dengan “Sekilan Jaya”, adapun kegiatan tersebut bergerak pada bidang obat-obatan pertanian dan perkebunan bagi masyarakat desanya.

Produk unggulan yang mereka pakai adalah Produk Mahakam, mulai dari untuk obat serangan hama tanaman maupun untuk segala jenis pertumbuhan tanaman.

BUMDes Sekilan Jaya juga baru berdiri kurang lebih sekitar 10 bulan, namun dengan begitu aktifitas BUMDes sudah mulai terlihat beranjak adanya peningkatan secara berkala.

“BUMDes Sekilan Jaya terbentuk sudah kurang lebih 10 bulan dan bergerak pada bidang obat-obatan pertanian, hal ini dilakukan secara tidak langsung untuk peningkatan kualitas pertanian dan perkebunan masyarakat. Karena mayoritas warga disini profesinya adalah bergerak pada bidang pertanian dan perkebunan

Atas nama Pemerintah Desa dan pengurus BUMDes secara bersinergi selalu berupaya memberikan panduan bagi masyarakat dalam menggunakan obat-obatan secara tepat untuk lahan pertanian dan perkebunan mereka, tidak jarang Pemerintah Desa Koto Sekilan Ambai dan pengurus BUMDes juga turun ke lahan masyarakat tentang kebutuhan yang akan mereka perlukan dalam mengolah lahan pertanian dan perkebunan”. Ungkap Boy Dores Kepala Desa Koto Sekilan Ambai

“Sambungnya lagi, selain keperluan obat-obatan pertanian dan perkebunan bisa didapatkan atau dibeli di BUMDes, juga sudah di distribusikan ke warung warga dengan harga yang sama pada BUMDes Sekilan Jaya, sehingga sewaktu-waktu bagi masyarakat yang membutuhkan berbagai obat-obatan secara mudah sudah bisa didapatkan.

Secara administrasi, pengurus BUMDes Sekilan Jaya terdiri dari 4 orang. Dan dibantu oleh aparatur desa dalam melaksanakan tugasnya untuk melakukan transaksi pembelian barang, mengingat kondisi BUMDes yang tergolong baru dan belum mampu untuk menggaji petugas secara optimal dengan kondisi keuangan yang belum memadai.

Baca Juga:  ZARMAN EFENDI UNGGUL DI PILKADES DESA BARU DEBAI

Namun secara perencanaan, BUMDes Sekilan Jaya dalam waktu dekat akan kita kembangkan lagi secara lebih modern, mulai dari kantor maupun secara administrasi transaksi jual beli. Hal ini sudah menjadi wacana berdasarkan hasil musyawarah desa.

Dalam peningkatan infrastruktur, pada anggaran dana desa (ADD) tahun 2021. Atas nama Pemerintah Desa Koto Sekilan Ambai Kecamatan Sitinjau Laut, sebagai bentuk kepedulian dan perhatian serius atas keluhan beberapa titik lokasi pemukiman masyarakat dari dampak genangan air Apalagi disaat tingginya intensitas hujan. Mengakibatkan genangan air susah untuk surut, insyaallah dalam waktu dekat di akhir tahun akan dibangun perpipaan pembuangan air”. Tutupnya

(Doni.JP)

Bagikan :