Diduga Panwascam Sitinjau Laut Kecolongan Dalam Perekrutan Petugas PPDK

Kerinci – jendelapublik.com. Diduga Panwascam Kecamatan Sitinjau Laut Kecolongan Dalam Perekrutan PPDK. 18/07/2019

Perekrutan petugas PPDK (Pengawas Pemilu Desa/Kelurahan) dari Bawaslu Kabupaten Kerinci yang dilakukan melalui Panwascam Kecamatan Sitinjau Laut masih dalam tanda tanya dan diduga hanya Formalitas saja.

Perekrutan Panwas Desa/Kelurahan harus segera dibentuk supaya bisa mengawasi pelaksanaan verifikasi pemutakhiran data pemilih (Mutarlih) dan verifikasi faktual dukungan jalur perseorangan.

“Karena berat, kalau verifikasi dukungan jalur perseorangan tidak dibantu jajaran pengurus Panwas Desa/Kelurahan,” dalam mensukseskan pemilihan kepala daerah tahun 2020 ini.

Lalu terkait penguatan database dari Panwascam serta sosialisasi juknis pembentukan Panwas Desa/Kelurahan PPDK, jauh sebelum ini dirasa sudah diinstruksikan agar jeli dalam perekrutan tersebut. Hal ini dilakukan agar eksistensi Bawaslu melakukan tugas-tugas pengawasan pemilu tidak kehilangan arah.

Lain halnya yang terjadi dalam lingkup Panwascam Kecamatan Sitinjau Laut, berdasarkan imformasi terdapat data salah satu petugas PPDK yang telah lulus menjadi petugas tidak memenuhi syarat ataw cacat hukum.

Yang mana dalam aturan ataw  persyaratan sebagai calon petugas PPDK tersebut dalam mengikuti tes kompetensi dengan minimal Usia 25 tahun.

Jadi dalam hal ini, Secara logika bagaimana seseorang bisa untuk lulus menjadi petugas, sementara dalam persyaratan saja sudah tidak memenuhi syarat.

Secara tidak langsung Motto dari BAWASLU ” Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Kita Tegakan Keadilan Pemilu, Terkesan mengada-ngada tanpa adanya Keadilan ataw menghilangkan Hak dari peserta yang lain dalam menjalani kompetensi sebagai calon petugas yang profesional.

Lindra Fitriani selaku Ketua Panwascam Kecamatan Sitinjau Laut jauh sebelum ini sebelum perekrutan petugas juga pernah mengutarakan, akan berupaya bekerja secara Profesional terutama dalam Perekrutan Petugas.

Baca Juga:  DUA KANDIDAT INI KUASAI PEMILIH MILENIAL

Saat dihubungi untuk dikonfirmasi melalui Akun (WA) miliknya ia merespon dengan terkesan lambat, dengan jawaban singkat:

” Ketua Panwascam (Lindra Fitriani) Wa’alaikum salam, yg bersangkutan sudah di ganti, dan proses pergantian antar waktu sudah di laksanakan sesuai dengan prosedur yg berlaku. Jelasnya

Namun dalam hal itu, capaian yang dimaksudkan bertolak belakang dengan apa yang ditentukan aturan sebelum ini, Ataw seolah-olah ada unsur kesengajaan.

Tidak berhenti sampai disini, penulis akan menelusuri lebih jauh lagi sejauh mana kemurnian dari perekrutan PPDK Khusus dalam wilayah Kecamatan Sitinjau Laut maupun Kecamatan lainnya yang ada dalam wilayah Kabupaten Kerinci. Yang seyogyanya harus mengedepankan ideolagi dalam Panca Sila Sebagai Dasar Negara: Kemanusian Yang Adil Dan Beradab, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, sehingga jauh dari kata hanya Formalitas.

Diwaktu terpisah, Salah satu komisioner Panwascam Kecamatan Sitinjau Laut saat dihubungi media ini untuk dimintai keterangan, menjelaskan bahwa: Salah satu petugas PPDK yang sedang bermasalah sudah kita proses dan sudah kita PAW ataw diganti. Bebernya

(Don).

Bagikan :