DINAS PETERNAKAN KABUPATEN KERINCI AKAN LAKUKAN VAKSINASI ANJING

Kerinci – jendelapublik.com, Dinas Peternakan dan Perkebunan Bidang Kesehatan Hewan Kabupaten Kerinci akan melakukan vaksinasi terhadap anjing liar.25/07/2019.

Kadis Dinas Perkebunan dan Peternakan ( Efrawadi,SP,MSi  ) saat di hubungi media ini menyampaikan ” vaksinasi anjing liar sebagai antisipasi penularan penyakit rabies sudah kita lakukan berulang kali namun bila terjadi seperti ini kita akan vaksin lagi.

Upaya ini menyusul adanya kejadian empat orang warga beberapa desa di Hiang Kecamatan Sitinjau Laut yang digigit anjing gila pada pagi selasa kemaren.

Kami juga berharap kepada pemilik ternak untuk merawat ternak dan memelihara ternak dengan baik,kami juga salut dengan anggota PORBI yang selalu menjaga kesehatan anjingnya dan rutin melakukan vaksinasi.

Jika ingin punya ternak anjing ia harus dirawat,jika tidak bila sudah terjadi seperti ini siapa yang mau tanggung jawab,dan disalahkan pasti pemilik anjing tidak mau tanggung jawab.

Dalam waktu dekat mungkin akan kita lakukan vaksinasi anjing untuk wilayah Sitinjau Laut dan sekitarnya ,dan untuk jadwalnya akan kita koordinasikan desa.

Tim Dinas Peternakan pun siang kemaren sudah turun kelapangan memantau kejadian tersebut, sayangnya hingga saat ini anjing yang menggigit korban belum ditemukan.

“Kalau korban sendiri sudah mendapatkan pertolongan dan perawatan dari puskesmas terdekat.ungkapnya.

Kabid kesehatan hewan ” Wira Jaya saat ditemui diruangan kerjanya menyampaikan, jika anjing yang menggigit menyebabkan penyakit rabies, maka dalam jangka lima hari anjing tersebut akan mati sendiri, biasanya anjing rabies setelah mengigit akan kehausan dan lari ke sungai atau tempat yang ada airnya. Tapi, kalau negatif dan hanya gila biasa, anjing tersebut bisa menggigit yang lain.

Oleh karena itu sebagai antisipasi penyakit rabies yang disebabkan oleh gigitan anjing, Pihaknya akan  melakukan  vaksinasi dan eliminasi anjing.

Baca Juga:  Anggota DPRD Dapil IV Kerinci, Diduga Tidak Laksanakan *RESES*

Kami juga minta dukungan dari masyarakat agar tidak ada korban berikutnya.tutupnya

 

( Don ).

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *