Dugaan Jalan Ditempat, Alat Berat Milik Tersangka 6 Tambang Illegal di Kerinci Belum Disita

Kerinci- jendelapublik.com. Penegakan hukum di Bumi Sakti Alam Kerinci diharapkan bisa berjalan dengan lancar dan konsisten, akan ada persepsi lain jika proses penegakan hukum itu sendiri jika aturan sudah jelas-jelas menetapkan tindakan yang harus dilakukan.

Lantas dalam pelaksanaannya malah berbeda, persepsi negatif bagi penegak hukum menjadi buruk dan ini menjadi bahan pembicraan, meskipun ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan oleh penegak hukum, namun aturan dan UU harus tetap dilaksanakan.

Aliansi Bumi Kerinci menilai apa yang terjadi terhadap proses penegakan hukum terhadap pelaku Galian C Illegal di Kerinci yang sudah menjadi tersangka terkesan lamban dan memberi peluang pelaku melakukan aktivitas kemabali meskipun sudah menjadi tersangka.

Parahnya alat berat milik tersangka hingga saat ini belum juga disita, sejak dipolice line hingga saat ini pengsuaha galian c illegal tersebut diam-diam tetap beroperasi, “kok belum juga disita, diam-diam galian c illegal tetap beroperasi, persepsi mesyarakat jadi negatif terhadap penegak hukum, terkesan penegak hukum memberi peluang bagi pelaku galian c illegal beroperasi” ungkap Harmo Ketua Aliansi Bumi Kerinci didampingi anggota Wardizal, Doni Indra, Soni Yoner.

Lambannya penanganan kasus galian c illegal ini menjadi catatan tersendiri bagi masyarakat, “jangan membuat kita berfikir negatif terhadap proses yang dilakukan, karena terlihat celah-celah yang bisa menjadi lahan permainan bagi pelaku tambang” tegasnya.

Malahan kata Harmo, jika tidak dipertanyakan dan diributkan proses hukumnya sepertinya jalan ditempat, “jika memang harus kita ributkan terus, kita siap, agar proses ini berjalan, kasihan lingkungan kita saat ini sudah rusak, belum lagi banyaknya illegal logging” ungkap Harmo.

Diharapkan Kapolres Kerinci, Kapolda Jambi, Mabes Polri untuk konsisten dalam proses penegakan hukum terhadap tersangka galian C Illegal di Kerinci. “pekan depan kita akan datangi Kapolda di Jambi, kita akan minta apresaisi Kapolda terdahap proses hukum Galian C Illegal di Kerinci, kapan perlu kita akan turun ke Mabes Polri” tegasnya.

Baca Juga:  Inikah KLB...?, Dua Desa di Kerinci Timbun Jalan Utama Secara Swadaya

Tim: Aliansi Bumi Kerinci

Bagikan :