Dukung Pembentukan PA Kerinci, Ketua KNPI Kerinci Sambangi PA Sungai Penuh

SUNGAI PENUH- jendelapublik.com.  Informasi pembentukan Pengadilan Agama Kabupaten Kerinci terus menggema di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Hal itu karena dukungan demi dukungan terus disampaikan, mulai dari Bupati Kerinci, Ketua Lembaga Kerapat Adat Alam Kerinci, hingga Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Kerinci.

Tak ketinggalan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kerinci pun telah menyerahkan dukungannya untuk pembentukan PA Kerinci. Hal itu diketahui dari kedatangan Ketua KNPI Kerinci, Satria Gunawan Agung, ke Kantor Pengadilan Agama Sungai Penuh bilangan jalan Depati Parbo, Kota Sungai Penuh.

Kedatangan Ketua KNPI ini pun langsung disambut oleh Ketua PA Sungai Penuh Asrori Amin, S.H.I., M.H.I dan Panitera Muda Permohonan Noprizal, S.H.I. Kepada Ketua PA Sungai Penuh, Ketua KNPI Kerinci, Agung (sapaan akrabnya), menyampaikan dukungan penuhnya atas usulan pembentukan PA Kerinci.
Menurut Agung, PA Kerinci memang sudah seharusnya berdiri karena PA Sungai Penuh saat inilah yang menangani perkara dua wilayah yurisdiksi, untuk Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci.

Selain itu kata Agung, menurut informasi yang diterima pihaknya, perkara di PA Sungai Penuh pun didominasi oleh pencari keadilan dari Kabupaten Kerinci.

“Itu artinya PA Kerinci memang sangat dibutuhkan pembentukannya, kita mendukung sepenuhnya agar segera terwujud,” ujar mantan aktivis mahasiswa kondang dizamannya.

Selain itu ada pertimbangan lain kata Agung, apabila PA Kerinci tidak segera dibentuk, maka warga Kerinci harus tetap berurusan di PA Sungai Penuh, tentu membutuhkan biaya yang banyak. Namun imbuhnya, jika PA Kerinci terbentuk, maka biaya transportasi yang harus dikeluarkan oleh masyarakat pencari keadilan akan berkurang secara sendirinya.
KNPI sambungnya, merupakan organisasi kepemudaan yang selama ini selalu bersinergi dengan Pengadilan Agama dalam rangka membangun penegakan hukum dan kesadaran hukum pemuda di Kabupaten Kerinci tentu mendukung sepenuhnya pembentukan PA Kerinci demi masyarakat Kerinci secara keseluruhan.

Baca Juga:  Edi Satria Hadi, S.Pd.I : Saatnya Muda Membangun Desa

Sementara itu, Ketua PA Sungai Penuh, Asrori Amin, S.H.I., M.H.I menyampaikan ucapan terima kasih kepada KNPI Kerinci yang tampil di garda terdepan mendukung sepenuhnya pembentukan PA Kerinci.

“Itu artinya KNPI sangat peduli dengan penegakan hukum di Kabupaten Kerinci, saya atas nama pimpinan PA Sungai Penuh merasa sangat bangga, karena dukungan terus kami terima, termasuk salah satunya dari KNPI Kerinci, ini akan tercatat menjadi sejarah pembentukan PA Kerinci,” tukasnya.

Asrori Amin menegaskan, dalam waktu dekat ini, surat dukungan dari seluruh lembaga yang telah diterima akan diteruskan ke PTA Jambi untuk segera diteruskan pengusulannya ke Sekretaris Mahkamah Agung RI.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk pengusulan pembentukan PA Kerinci, semoga usaha kita ini berhasil dan PA Kerinci segera terbentuk,” pungkasnya.

(Don).

Bagikan :