KADES DESA GEDANG TINGKATKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN PELATIHAN ANYAMAN BAMBU

Sungai penuh – jendelapublik.com. Pemanfaatan Alokasi Dana Desa yang telah dikucurkan oleh Pemerintah tentunya diperuntukkan bagi kelangsungan pembangunan desa.26/11/2019

Pemanfaatan ataw penggunaan anggaran tersebut juga tidak sepenuhnya dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur saja, Hal tersebut dimaksudkan dengan kucuran dana desa juga bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan manusia melalui bidang kejuruan.

Apalagi di Desa Gedang ini tidak hanya ada penduduk lokal namun ada ragam warga yang ada disini yang secara administrasi telah terdaftar menjadi penduduk disini.

Melalui pemberdayaan manusia dibidang kejuruan mudah-mudahan akan menjadikan manusia yang berdaya guna dengan kemampuan yang mereka miliki.

Kades Desa Gedang (ir.Efdal Taufik) yang telah menjabat dua tahun  berupaya memberikan yang terbaik bagi Desanya, tidak hanya dibidang infrastruktur tapi demi keseimbangan pembangunan ia pun membekali warganya dengan pemberdayaan melalui pelatihan kejuruan.

Untuk sekarang ini kami sedang melaksanakan pelatihan kreasi dari anyaman bambu yang pesertanya dari Anggota Karang Taruna, pelatihan nampaknya membawa kesan yang baik dan hasil kreasi ini juga mulai diminati, tidak hanya diminati oleh peserta namun warga lokal maupun dari luar ada yang pesan sebagai cendra mata, Ucapnya.

Ia juga menyampaikan kalo dilihat dari daya minat peserta maupun nilai jual dari produksi yang dihasilkan bisa menjadi nilai jual yang baik dipasaran, yang nantinya bisa dikembangkan oleh peserta baik secara kelompok maupun menjadi usaha perorangan yang seyogyanya untuk menambah penghasilan warga. Kami juga berencana akan melaksanakan kembali pelatihan ini, bagi warga yang belum berkesempatan dan berminat nantinya akan kami ikut sertakan dalam pelatihan kejuruan ini.

Sebelum ini dalam anggaran Dana Desa tahun 2019 Pemerintah Desa juga sudah melaksanakan berbagai bentuk pelatihan yang dibutuhkan oleh masyarakat, antara lain : Pelatihan Las, Pelatihan Menjahit, Pelatihan Membatik, Pelatihan Salon,    Pelatihan Tata Boga dan Pelatihan Anyaman Bambu yang baru saja dilaksanakan, mungkin dalam waktu dekat akan dilaksanakan Seminar Adat.

Baca Juga:  Ade Andrianus : Serukan Kepada Milenial untuk Tetap Konsisten Melawan dan Menolak Money Politik

Harapan saya kedepan melalui pelatihan kejuruan yang sudah dilaksanakan peserta bisa dikembangkan secara baik, dan bisa menambah penghasilan bagi warga. Tutupnya.

“Hadisya Gunawan”, Selaku instruktur dalam pelatihan tersebut saat dihubungi juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada pemerintah desa yang telah mengundang dirinya dalam acara pelatihan tersebut, mudah-mudahan segelintir ilmu yang diberikan bisa bermanfaat.

Ia juga menuturkan sekelumit tentang seni. Berawal dari seni, seni merupakan sebuah imajinasi yang di ciptakan oleh manusia dengan kreatif untuk mengungkapkan perasaan dari manusia itu sendiri. Yang dimana ciptaan tersebut mempunyai nilai estetika atau keindahan.

Jika dilihat karya seni merupakan sebuah hasil ciptaan dari seni itu sendiri disebut karya seni. Bentuk kesenian tersebut dapat muncul dari benda yang kita gunakan sehari-hari, serta juga benda yang kita gunakan khusus untuk kepentingan tertentu seperti ritual atau upacara-upacara yang lain.

Selain itu juga bisa didefinisikan lagi menjadi hasil ciptaan manusia yang di dalamnya terkadung unsur lembut, indah, halus, serta mempesona.

Dan terakhir sebelum menutup pembicaraan intruktur muda ini kembali menuturkan, dalam berkreasi dibutuhkan niat dan keuletan serta kemauan sehingga bisa menghasilkan sebuah karya, Tutupnya.

(Don).

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *