Keadilan Yang Terabaikan: Aspirasi DPRD Tertumpu Pada Wilayah Domisili

Kerinci- jendelapublik.com. Perjuangan Anggota Legislatif Kabupaten Kerinci, khususnya di wilayah Dapil IV perlu kita apresiasi. 12/12/2021

Diawali dari reses bersama masyarakat dapil, untuk menampung segala curhatan keluhan masyarakat dalam skala prioritas pembangunan, meskipun tidak keseluruhan perwakilan masyarakat di masing-masing desa dilibatkan dalam hal tersebut. Namun perjuangan Anggota DPRD Kabupaten Kerinci di masing dapil pada suatu sisi tetap kita acungi jempol.

Sederet nama dan beberapa bentuk perjuangan beberapa Anggota DPRD Dapil IV, mulai dari H.Asril Syam yang berdomisili di desa Hiang, Safwan berdomisili di desa Ambai, Darmayansyah berdomisili di Desa Ambai.

Ke-tiga Wakil Rakyat ini, juga merupakan salah satu Anggota DPRD terbanyak di dalam wilayah Dapil IV yang lebih tepatnya di Kecamatan Sitinjau Laut Kabupaten Kerinci. Informasi yang berhasil dihimpun oleh awak media ini dan dari keterangan warga setempat.

Nama mereka juga selalu disebut-sebut dan dibanggakan di desa masing-masing dimana Anggota DPRD tersebut berdomisili, karena dari kesekian banyak aspirasi masyarakat sebagiannya sudah direalisasikan.

Sebagai contoh:
1. Wilayah Hiang; Salah satunya yang sudah dilakukan, pengecoran dan pelebaran jalan utama, pengaspalan jalan lingkar pasar hiang, jalan usaha tani, dan lampu penerangan jalan utama.

2. Ambai; Jalan usaha tani, penahan tebing, pengerasan jalan arah pesantren

3. Ambai; Pagar sekolah, Jalan usaha tani.

Secara pengamatan dan pantauan awak media ini dilapangan, pada kenyataannya. Memang benar-benar, pembangunan yang diperjuangkan melalui aspirasi DPRD tertumpu pada desa dimana Anggota DPRD tersebut berdomisili, karena secara analisa penulis mungkin dianggap wajar dan layak karena ini mungkin kepentingan politik mereka yang harus dibayar dan juga sebagai bentuk dari tanggungjawab.

Baca Juga:  Bupati Kerinci Serahkan Bantuan Kebakaran Untuk Warga Pondok Beringin

Namun pada sudut pandang lain, bingkai Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia pada butir Pancasila Sila Ke-Lima. Khususnya di Wilayah Dapil IV terabaikan begitu saja.

Ataukah diujung jabatan dan pengabdian mereka sebagai Anggota DPRD Dapil IV diisi dengan warna pencitraan politik kembali, melalui janji manis politik.

Nasib baik memang telah berpihak kepada mereka yang telah berhasil diusung sebagai Wakil Rakyat, namun tidak pada tinggi pencapaian prestasinya sebagai Anggota DPRD Dapil IV Kabupaten Kerinci dalam skala umum.

Fakta lain membuktikan, Anggota DPRD Dapil IV juga banyak tidak dikenali masyarakat secara umum. Karena kurang merakyatnya Anggota DPRD tersebut bersama masyarakat dalam konteks sebagai Wakil Rakyat.

“Mereka mungkin juga lupa, ada dari Rakyat bekerja juga untuk Rakyat”.

Potret ini memberikan gambaran, tentang kepribadian sepanjang jabatan yang harus dipertanggungjawabkan, antara kelayakan dan kepantasan. Bukan malah sebaliknya harus memantaskan diri.

Kalau diamati secara politis, Next Generasi wajar dilakukan. Agar terciptanya Keadilan, Kelayakan, Kewajaran, Kepantasan secara Hakiki sebagai Wakil Rakyat Dapil IV di Gedung Kehormatan DPRD Kabupaten Kerinci.

Bersama rakyat dalam Suara Lantang, merupakan wibawanya Putra-Putri terbaik dari Dapil IV kedepannya sangat ditunggu-tunggu.

“Nasibmu ada ditangan Rakyat, Kehormatanmu ada di Mata Rakyat, Karena Suara Rakyat Adalah Suara Tuhan”.

(Doni.JP)

Bagikan :