SITINJAU LAUT SIAP SUKSESKAN MTQ KE 50 TINGKAT KAB.KERINCI

Kerinci–jendelapublik.com. Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 50 tingkat Kabupaten Kerinci berlangsung meriah. Ribuan masyarakat sudah memenuhi arena utama di lapangan Merpati Hiang Kecamatan Sitinjau Laut sebelum pembukaan kegiatan Sabtu 14/12/2019.

Tradisi membaca alqur’an dengan alunan merdu bukanlah tradisi baru. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW,  merupakan  Seorang Qori yang mampu membaca Alqur’an dengan alunan amat merdu.

Dalam sebuah kisah diceritakan, Nabi pernah membaca salah satu ayat yang terdapat dalam surat “Al-Fath”. Lantunan suara Beliau yang merdu sempat membuat para sahabat Beliau terpukau, bahkan unta yang ditunggangi Beliau pun terperanjat.

Sejak zaman Rasulullah membaca Quran dengan lisan dan suara yang merdu sangat digalakkan bahkan dianjurkan. Karena bacaan dengan suara merdu akan menggetarkan jiwa dan menambah keimanan kepada Allah.

Musabaqoh Tilawatil Qur’an ( MTQ ) merupakan agenda tahunan yang sudah dijadwalkan Pemerintah Kabupaten Kerinci, Tidak hanya sebagai acara pencarian bakat tapi juga sebagai media penyebaran dakwah dibumi sakti alam kerinci.

Dalam prosesi acara MTQ KE 50 tahun ini Kecamatan Sitinjau Laut ditugaskan sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan acara tersebut dibawah Pimpinan Camat Ditinjau Laut ( Indri Firman, S.Sos, MSi. ).

Tampak hadir pada kegiatan ini Bupati ( Adirozal ) dan Wakil Bupati Kerinci ( Ami Taher ), Unsur Forkofinda, Forkopincam, dan Organisasi islam lainnya.

Camat Sitinjau Laut dalam sambutannya menyampaikan ribuan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah mempercayakan Kecamatan Sitinjau Laut sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan MTQ tahun ini.

Dalam proses persiapan pelaksanaan memang membutuhkan proses yang begitu extra namun semua itu akan terselesaikan dengan baik berkat kekompakan serta semangat panitia hingga acara bisa terlaksana dengan sukses pada malam ini.

Baca Juga:  Anggota DPRD Dapil IV Kerinci, Diduga Tidak Laksanakan *RESES*

Tidak lupa ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia pelaksana yang terlibat dalam mempersiapkan kegiatan MTQ KE 50 di Kecamatan Sitinjau Laut, partisipasi masyarakat yang ikut mensuksekan. ia juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh Kafilah dan Official Kecamatan dilokasi acara, selamat bertanding dan sukses.

Camat Sitinjau Laut saat ditemui menyampaikan, melalui kegiatan MTQ, semoga dapat menambah minat masyarakat dalam membaca dan belajar Al-Quran serta mengupayakan agar  benar-benar tertanam dalam hati masyarakat.

Apalagi dengan melihat kondisi zaman yang serba modern ini bisa memberikan dampak buruk, terutama bagi pemuda-pemudi kerinci dengan hadirnya berbagai macam media ikut mempengaruhi pola pikir dan karakter.

Mudah-mudahan dengan kegiatan ini akan menggugah hati pemuda-pemudi untuk selalu bersikap positif sehingga bisa menjadikan akhlakulkarimah yang baik dalam dirinya. Ungkapnya

Pada acara pembukaan MTQ dimulai dengan semaraknya penampilan tarian masal  yang berhasil menghipnotis penonton. Tak ayal tepuk tangan dan pujian diberikan usai penampilan tarian pembukaan itu.

Acara MTQ KE 50 Tingkat Kabupaten Kerinci juga dibuka lansung oleh Bupati Kerinci dalam sambutan ia menyampaikan penyelenggaraan MTQ menjadi salah satu sarana menjaga kemurnian Al-Quran. MTQ juga menjadi sarana dakwah yaitu dengan upaya memperkenalkan Al-Quran kepada masyarakat.

“MTQ menjadi salah satu media yang sangat efektif dalam menyebarkan syiar Islam karena unsur seni dalam MTQ dianggap sebagai salah satu daya tarik tersendiri yang dapat mendorong minat masyarakat dalam mempelajari Al-Quran,”

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk tidak memandang MTQ sebagai sebuah acara rutinitas atau sebatas ajang kompetisi dalam seni membaca Alqur’an melainkan harus dipandang sebagai sarana penyebaran dakwah Islam. “Dengan kegiatan mulia ini kita bisa memperkuat ukhuwah, dan mempererat silaturahim yang pada akhirnya akan melahirkan kesadaran umat Islam mencintai dan memuliakan Al-Quran.”

Baca Juga:  Baru Seumur Jagung Jalan Lingkungan Desa Giri Mulyo Rusak Parah

(Don).

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *