PJS Kades Lubuk Paku: 150 Penerima BLT Tahun 2020 Sudah Disalurkan Hingga Desember

Kerinci- jendelapublik.com. PJS Kepala Desa Lubuk Paku “Jon Efendi” salurkan dana bantuan langsung tunai (BLT) hingga bulan desember tahun 2020 untuk masyarakat yang berhak menerima. 25/01/2021

Prioritas anggaran dana desa tahun 2020 dari dampak Corona Virus Desaise (covid-19) yang berdaya guna dan tepat guna bagi masyarakat desa untuk mengatasi pengentasan ekonomi kerakyatan dengan memberikan dana bantuan langsung tunai bagi masyarakat yang berhak menerima, yang tentunya sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada.

“PJS Kepala Desa Lubuk Paku, saya dilantik pada tanggal 08 agustus tahun 2020, atas nama pemerintahan desa telah berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat desa, hal itu terlihat dari 135 penerima dana bantuan langsung tunai dengan nominal Rp.600.000 pertama, kita usulkan lagi 10 orang dengan nominal Rp.300.000 setelah itu kembali kita usulkan lagi untuk 5 orang┬ápenerima nominal Rp.300.000, jadi jumlah penerima keseluruhan sebanyak 150 orang.

Dalam penyerahan bantuan dana langsung tunai untuk masyarakat, kita juga mengundang pihak Kecamatan Batang Merangin, Babinsa, Babinkamtibmas, Pendamping Desa, BPD, maupun tokoh masyarakat. Hal itu bertujuan agar terwujudnya keterbukaan informasi publik.

Setiap pencairan dana desa juga saya umumkan pada masyarakat diruangan masjid setelah shalat Jum’at, dan berikutnya kita ajak lapisan masyarakat dan unsur yang ada untuk musyawarah dalam penggunaan dana tersebut sesuai yang diprioritaskan oleh masyarakat atas keputusan bersama.

Dari hal diatas kita juga tetap mengacu pada aturan yang ada, yaitu Permendes PDTT 14 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Permendesa PDTT 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Perubahan ketiga ini mengatur tentang penambahan jangka waktu bantuan langsung tunai desa. Tentu saja karena perkembangan yang ada dalam menghadapi pandemi covid-19 yang berlarut-larut dan berkepanjangan.

Baca Juga:  WHO : Penularan Covid-19 Terbaru Melalui Udara

Jangka waktu dan besaran pemberian BLT Dana Desa masa penyaluran BLT Dana Desa 9 (sembilan) bulan terhitung sejak April 2020, besaran BLT Dana Desa perbulan sebesar Rp.600.000,00 (enam ratus ribu rupiah) untuk 3 (tiga) bulan pertama (April, Mei, dan Juni);

Besaran BLT Dana Desa perbulan sebesar Rp.300.000 (tiga ratus ribu rupiah) per keluarga untuk 3 (tiga) bulan kedua (Juli, Agustus, dan September);

besaran BLT Dana Desa per bulan sebesar Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) per keluarga untuk 3 (tiga) bulan ketiga (Oktober, November, dan Desember).

Berikutnya lagi, dalam mengatasi penularan wabah covid-19 atas nama pemerintahan desa juga sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan sebanyak empat kali ke penjuru desa, membagikan galon per rumah dan handsanitizer, serta membagikan 500 masker kepada kepala dusun masing-masing untuk diserahkan pada warga. Jelasnya

(Don).

Bagikan :