Rekam Jejak Petahana Dan Pendatang Baru Calon Kepala Desa, Rakyat Silakan Tentukan Pilihan

Kerinci- jendelapublik.com. 153 Desa dalam Wilayah Kabupaten Kerinci akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak pada bulan april 2021 mendatang.

Berdasarkan hasil pertemuan Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, pada hari rabu tanggal 06 Januari 2021 yang bertempat di ruangan utama Setda, bersama seluruh PJS kepala desa yang akan melaksanakan pilkades serentak.

Dengan hasil keputusan meminta kepada seluruh wilayah yang akan melakukan pemilihan kepala desa:
1. Untuk dapat membuat spanduk/ataw baliho, agar masyarakat pro aktif mendaftarkan diri sebagai calon pemilih, dan dipasang dilokasi strategis.

2. Membuat pengumuman yang isinya agar masyarakat proaktif untuk mendaftarkan diri sebagai pemilih, selalu mengingatkan masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih Pilkades secara serentak Tahun 2021 sebelum DPT ditetapkan.

3. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kerinci Nomor 12 Tahun 2015, Tentang Pemilihan dan Pemberhentian Kepala Desa, pasal 19 berbunyi: Daftar pemilih tetap yang sudah ditetapkan oleh panitia pemilihan tingkat desa tidak dapat diubah, kecuali ada pemilih yang meninggal dunia, panitia pemilihan tingkat desa membutuhkan catatan dalam daftar pemilih tetap pada kolom keterangan “Meninggal Dunia”.

Terkait hasil keputusan diatas, tentunya ada lagi yang perlu diperhatikan pemilih untuk Calon Pemimpin Desa atau Calon Kepala Desa.

Menurut pandangan Redaksi Media ini “Jendela Publik.Com” Calon Kades yang layak dipilih, memenuhi beberapa kriteria.

Pertama, Calon Kepala Desa tentunya harus dari orang-orang baik. Masyarakat harus melihat track record (rekam jejak) dan prestasi dari para Calon Kepala Desa yang ada di desa yang akan melangsungkan hajatan demokrasi.

Kedua, Calon Kepala Desa adalah orang yang benar. “Maksudnya adalah calon yang mempunyai kapasitas, dan kapasitas bisa dinilai saat dia berdebat dengan calon Kades lainnya nanti.

Baca Juga:  M.Aziz, Pelukis Muda Habiskan Waktunya Dirumah Saat Berkecamuknya Covid-19

Ketiga,calon kepala desa harus mempunyai motivasi dan semangat dalam membangun desa. Masyarakat harus bisa memastikan jika calon tidak hanya termotivasi karena anggaran dana desa yang cukup besar.

Media ini juga berharap, agar seluruh Calon Kepala Desa bisa mengikuti semua tahapan seleksi. Mulai dari seleksi administrasi, rekam jejak, sampai dengan rekomendasi dari Inspektorat, Khusus Bagi Calon Petahana.

(Redaksi).

Bagikan :