Wakil Bupati Kerinci, Diminta Luruskan Dualisme Adat

Kerinci- jendelapublik.com. Ami Taher Wakil Bupati Kerinci diingatkan jangan terlalu jauh tersesat terkait adat alam Kerinci.

Upaya perdamaian Desa Muak dan Desa Semerap yang dilakukan pemerintah daerah bersama polisi, TNI dan semua komponen yang berkait sudah dilakukan.

Perlu diapresiasi, disisi lain, niat baik ini sudah selesai dilaksanakan, namun ada sisi lain yang lebih vital dan sangat fatal kesalahannya, yakni perdamaian malah melibatkan Adat yang tidak diakui oleh Depati 4 Alam Kerinci.

“Pak Ami Taher Wakil Bupati Kerinci kami ingatkan jangan terlalu jauh tersesat terkait soal adat” ungkap Ikhsan Daraqtuni Pembina Aliansi Bumi Kerinci didampingi Ketua Aliansi Bumi Kerinci Harmo Karimi.

Sebab dalam adat lamo Pusako usang, tidak pernah ada yang namanya Lembaga Adat Ulayat Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung Pulau Sangkar.

“Depati 4 alam Kerinci tidak mengakui keberadaan Lembaga Adat Ulayat Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung Pulau Sangkar, kenapa pemerintah memakainya” ungkap Depati Rencong Telang H. Atmawadi Ilyas.

Tim: Aliansi Bumi Kerinci

Bagikan :